WHAT'S NEW?

Fakta Sejarah Muay Thai

Updated: Dec 22, 2018

Tak kenal maka tak akan kuat !!

Selasa, 13 November 2018 | 17:00 WIB

Editor : Dionisius Ananda


Greetings all Self-fighter!! Muay Thai menjadi sarana latihan atau mungkin menjadi kegemaran pribadi bagi kalian. Tetapi banyak orang yang hanya tau kalau Muay Thai hanyalah sebuah olahraga dari thailand. Padahal Muay Thai memiliki suatu value yang lebih besar dibanding hanya olahraga untuk badan sehat. Yaitu kisah para ancestor dari Muay thai itu sendiri

Muay Bhoran

đź“·

Muay Bhoran atau bahasa indonesia tinju kuno, ini lah asal Muay Thai sejak ribuan tahun yang lalu. Muay thai merupakan budaya khas dari thailand yang sekarang menjadi sarana bagi generasi jaman now untuk membentuk tubuhnya. Berbeda sekali dengan Muay Thai jaman dulu yang biasa disebut sebagai Muay Bhoran, budaya beladiri dimana penggunanya adalah pasukan kerajaan tai untuk berperang, perlindungan diri, adu kekuatan. Tetapi seolah berkembangnya jaman Muay Bhoran dijadikan cabang olah raga oleh suku Tai dengan menggantikan namanya menjadi seperti yang kita kenal sekarang Muay Thai.

Perbedaan Latihanya

Inilah yang membedakan petarung jaman dulu dan jaman sekarang. Pada jaman dulu teknologi belum hadir sehebat sekarang. Seluruh petarung hanya memiliki satu tempat berlatih yaitu alam. Semua petaraung hanya akan di dadar oleh alam dan seberapa kuat diri mereka untuk menahan yang tak terkalahkan. Mereka berlari naik turun di daerah pegunungan selama berjam-jam, berlatih memukul menggunakan pohon pisang.

Nilai yang dapat diambil

đź“·

Meskipun Teknologi yang digunakan berbeda bukan berarti kita tidak bisa sekuat mereka. Karena apa yang bisa membuat petarung jaman dulu sangat kuat bukanlah metode latihanya tetapi Keseriusan & kedisiplinan mereka untuk berlatih dengan penuh tekad agar menjadi seorang pejuang terbaik di negaranya. Itulah semangat yang membuat petarung petarung jaman dulu sangat kuat. Dan semangat itulah yang bagi BSA sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh keluarga BSA. Fokus, Serius, dan Disiplin. Itulah sebabnya juga mengapa kami bisa melatih atlit atlit yang luar biasa ini.

Draft blog

Apakah Anda Kenal Muay Thai??

Greetings all self-fighter! gua berani bertaruh pasti teman teman semua sudah pernah mendengar olah raga ini iya kan ? mungkin beberapa dari kalian juga sudah mengikuti atau bahkan mendalami olah raga ini. Cuma ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak akan kuat” oleh karena itu kali ini mimin pengen share khusus buat kalian yang pengen jadi pegulat muay thai lihai seperti

Tinju Kuno

Guys inget! muay thai yang sering dibilang thai boxing bukan beladiri yang ngikutin boxing, muay thai adalah budaya beladiri khas dari thailand yang memiliki prinsip untuk menggunakan 8 titik dari tubuh kita sebagai senjata. Muay thai sudah hadir semenjak ratusan bahkan ada praktisi yang bilang sejak dua ribuan tahun yang lalu sebagai praktis bela diri tanpa senjata di kerajaan thailand. Pada awalnya nama seni bela diri ini bukan muay thai melainkan muay bhoran atau bahasa indonesianya “tinju kuno”, praktis beladiri untuk bertahan ini berevolusi menjadi muay thai yang di kembangkan oleh suku tai sebagai salah satu cabang olahraga nasional kerajaan mereka.

Perkembanganya

Abad berganti perkembangan teknologi juga mengikuti. Guys, latian jaman tradisional sama sekarang jauh beda banget, dulu gak ada yang namanya sarung tinju, sand bag, body armor dll. Petarung muaythai jaman tradisional tidak menggunakan sarung tinju seperti sekarang. Mereka menggunakan tali tambang kecil yang dililitkan ke masing masing tangan petarung. Sand bag mereka pun berbeda, kalo jaman tradisional dulu samsak yang di pake buat nendang itu namanya… the banana tree. Haha yap emang pohon pisang yang masih kokoh biasanya digunakan sebagai samsak untuk melatih kekuatan tendangan mereka, dan untuk petarung yang lebih ekstreme mereka kadang bisa menggunakan pohon palem.

Berbeda dengan sekarang. sekarang kita hidup di era modern, kekuatan otot bukanlah segalanya. Di era modern sekarang hanya orang orang yang betul betul mendalami yang dapat hidup dari kekuatan sepenuhnya, ibaratnya hanya yang terkuat yang akan diingat & hidup. Oleh karena itu guys saran dari mimin kalian yang betul betul merasa passionya didalam pertarungan, dalamilah itu hingga jadi yang terkuat. Saran mimin coba baca baca juga sejarah dari beladiri yang kalian betul betul gemari, bukan untuk menjadi seorang teoristis tetapi untuk mengembangkan semangat dan rasa cinta yang betul betul mendalam yang akan terus membakar semangat kita setiap latihan. Karena beladiri tanpa nilai inti bukanlah apa-apa.

BSA MARTIAL ARTS CENTER

  • Facebook - BSA Martial Arts
  • YouTube - BSA Martial Arts
  • Instagram - BSA Martial Arts